Selasa, 13 Desember 2022

Camat Rawamerta Drs. Rochman, M.Si, Sangat Apresiasi Pelaksanaan Bintek Kapasitas RT dan RW Desa Balongsari

Camat Rawamerta Drs. Rochman, M.Si, Sangat Apresiasi Pelaksanaan Bintek Kapasitas RT dan RW Desa Balongsari


KARAWANG, MEDIA JERAT - Camat Rawamerta Drs.Rochman, M. Si menghadiri acara Bimbingan Teknis (Bintek) Mandiri Kelembagaan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) se-Desa Balongsari Kec. Rawamerta Kab. Karawang. Bertempat di Aula Serba Guna Rumah Makan dan Kolam Renang H. Maman, Ciranggon, Majalaya.Rabu, 14 Desember 2022.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Rawamerta, Sekcam Rawamerta, Kasipem Rawamerta, Kepala Desa Balongsari, Ketua TP PKK Desa Balongsari, Perangkat Desa Balongsari, para Ketua RT dan Ketua RW se-wilayah Desa Balongsari.

Dalam kata sambutannya, Kepala Desa Balongsari Wawan Darmawan menungungkapkan bahwa acara Bintek Kelembagaan Desa yang dibiayai dari Dana Bagi Hasil Pajak Daerah, tahap 2 (dua) tahun anggaran 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas RT dan RW.

"Kami harapkan, usai mengikuti Bintek ini, ketika RT dan RW diminta bantuan oleh warga tidak ada kata menolak, tetapi harus mampu melayani warga dengan baik, ' katanya.


Masih di acara yang sama, Camat Rawamerta, Drs. Rochman, M. Si, menyampaikan apresiasi khusus kepada Kepala Desa Balongsari Wawan Darmawan, yang telah menyelenggarakan Bintek para Ketua RT dan RW se-desa Balongsari.

"Bintek kelembagaan RT dan RW di desa Balongsari ini adalah kali yang pertama digelar oleh Pemerintah Desa di wilayah kecamatan Rawamerta dan patut dijadikan contoh bagi desa-desa lainnya," ujar Camat Rochman.

Dikatakan Camat Rochman, kinerja Kepala Desa Balongsari ini luar biasa dalam segala hal terkait kegiatan yang dilaksanakan di desa yang dipimpinnya.

“Jadi untuk para Ketua RT dan RW jangan sampai ketinggalan. Semua kegiatan pelayanan dilaksanakan dengan baik oleh Ketua RT dan RW,” terangnya.

“Kegiatan tersebut, jangan lupa di dokumentasikan dan di posting (disosialisasikan-red) di media sosial dan grup whats App (WA) RT dan RW Desa Balongsari. Jadi, selain bisa diketahui warga, juga bisa menjadi contoh bagi RT dan RW lainnya,” tambah Camat Rochman.

Terkait kedudukan, tugas dan fungsinya, menurut Camat Rochman, Ketua RT dan Ketua RW itu di lindungi oleh Undang-Undang dan aturan.

“Tugas dan Fungsi RT dan RW itu dilindungi Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa, dan Permendagri No.18 Tahun 2018, di aturan itu bapak-bapak berada di Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) yang terdiri atas Rukun Tetangga, Rukun Warga, Sumber Daya Kesejahteraan Keluarga, Karang Taruna, Pos Pelayanan Terpadu dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM),” beber Camat Rochman.

Dikatakan Camat Rochman, setelah mengikuti bintek ini, para Ketua RT dan Ketua RW harus memahami apa tugas pokok dan fungsi RT dan RW yaitu pertama membantu kepala desa dalam bidang pelayanan dan pemerintahan; kedua membantu kepala desa dalam penyediaan data kependudukan dan perijinan; dan ketiga membantu tugas lain yang diberikan kepala desa.


“Dalam hal membantu kepala desa dalam bidang pelayanan dan pemerintahan contohnya antara lain terkait keamanan, ketertiban, siskamling dan tugas pemerintahan lainnya,” jelasnya.

Kemudian dalam hal membantu kepala desa dalam penyediaan data kependudukan dan perijinan, tambah Camat Rochman, antara lain mencatat data jumlah penduduk, jumlah kepala keluarga, laki-laki dan perempuan, jumlah balita, jumlah orang tua usia lanjut. Sedangkan terkait perijinan antara lain membantu dalam hal pembuatan ijin rame-rame, ijin lingkungan, ijin usaha dan lain-lain.

“Termasuk mencatat data penduduk yang datang, pindah dan meninggal dunia, itu harus tercatat oleh Ketua RT dan Ketua RW,” katanya.

Selanjutnya, ketiga adalah membantu tugas lain yang diberikan kepala desa, Camat Rochman menegaskan apabila Kepala Desa memberikan tugas lain kepada RT dan RW, itu harus dilaksanakan.

“Selama Kepala Desa Wawan Darmawan memerintahkan tugas lain kepada RT dan RW, harus dilaksanakan. Selama tugas itu, adalah tugas yang baik dan bukan tugas yang “goreng” (melanggar aturan-red),” pungkas Camat Rochman, disambut gelak tawa peserta bintek.

Laporan: Ahmad Hasan S /Foto.Dok.:Endang Syamsudin.

 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved