Jumat, 06 Januari 2023

Raih Juara Tingkat Provinsi Jabar, Dinas Koperasi dan UKM Karawang Genjot Peningkatan Kualitas dan Pemasaran Produk UMKM

Raih Juara Tingkat Provinsi Jabar,  Dinas Koperasi dan UKM Karawang Genjot Peningkatan Kualitas dan Pemasaran Produk UMKM

Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kab. Karawang


KARAWANG, MEDIA JERAT - Berhasil meraih juara satu tingkat Provinsi Jawa Barat dalam perlombaan produk makanan ringan, kategori pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) pada tahun 2023, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang Drs Rochman, M.Si  mengaku siap menjalankan strategi unggulannya yakni Progran Peningkatan Kualitas Produk UMKM dan Sistem Pamasarannya.
 
Drs. Rochman, M. Si

Langkah berikutnya, dalam upaya merealisasikan agenda tersebut, Rochman akan menjadikan Pasar Rawasari sebagai titik pusat pemasaran aneka produk UMKM bagi warga masyarakat Karawang.

"Keberadaan Pasar Rawasari sangat strategis, selain berada di pusat kota, juga sangat dekat dengan stasiun Kereta Api Karawang," terangnya.

"Siapapun pelaku usaha produk UMKM yang berada di Kabupaten Karawang, silahkan mulai mendaftarkan diri. Nanti para pelaku usaha UMKM yang sudah mendaftar, akan diseleksi," ujarnya.
 
"Jika lulus proses seleksi, pelaku usaha akan diberi kesempatan untuk menempati kios yang berada di Pasar Rawasari dan memasarkan hasil produk UMKM masing-masing," bebernya kepada awak media. Jum'at (6/1/2023) kemarin.

Rochman mengungkapkan, ditetapkannya Pasar Rawasari sebagai titik pusat pemasaran produk UMKM karena tempatnya strategis, berada di pusat kota, dan berhadapan langsung dengan stasiun kereta api, sehingga  para pengunjung lebih mudah men-jangkau lokasi tersebut.

Lebih lanjut Rochman mengatakan, kepada para pelaku usaha yang lulus seleksi tidak perlu khawatir soal pembayaran kios. Untuk sementara dalam waktu tiga bulan saya usahakan gratis dulu, tidak usah bayar sewa," katanya.

Sedangkan upaya berikutnya, dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas UMKM Karawang, Dinas Koperasi dan UKM Karawang sedang mengusahakan lokasi kedua sebagai titik pusat pemasaran produk UMKM yakni bekas Rumah Dinas Bupati (RDB) yang perannya akan dioptimalkan agar bisa menjadi galeri produk olahan UMKM Karawang.

"Bekas RDB itu, sudah sejak lama dirancang menjadi Galeri UMKM, dimana pada lokasi ini adalah untuk melayani tamu-tamu kedinasan yang berkunjung ke kabupaten Karawang. Oleh karena itu, produk UMKM menjadi salahsatu andalan yang dipasarkan di Galeri UMKM ini," terang Rochman.

Selanjutnya, dalam upaya pengem-bangan keterampilan SDM para pelaku UMKM, Dinas Koperasi dan UKM Karawang akan menggandeng Perum Peruri untuk mengadakan pelatihan UMKM.

"Bagi pelaku UMKM yang berminat ikut pelatihan, silahkan ikut mendaptar," tuturnya.

Dikatakan Rochman, Dinas Koperasi dan UKM akan menyediakan bantuan berupa alat-alat yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM.

Terkait upaya pengembangan SDM para pelaku UMKM, diberikan kesempatan untuk mengajukan proposal, baik untuk perorangan maupun untuk kelompok. Setelah lulus verifikasi tentu akan diberikan bantuan," pungkas Rochman. 





Laporan: Hamid
Editor: Ahmad Hasan S. 



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved