Kamis, 09 Februari 2023

Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan di SD Negeri Gombongsari Rawamerta

Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan di SD Negeri Gombongsari Rawamerta

Yulia Hasan, S.Pd saat memberikan materi sejarah kepramukaan di SDN Gombongsari

KARAWANG, MEDIA JERAT – Gerakan kepanduan atau pramuka pada awalnya muncul di Inggris yang diprakarsai oleh Robert Stephenson Smyth Baden Powell atau yang biasa kita kenal sebagai Sir Robert Baden Powell yang merupakan Bapak Pramuka Dunia.

Pramuka dunia didirikan pada tanggal 25 Juli 1907, pada saat itu Robert Baden Powell menjabat sebagai Letnan Jenderal militer Inggris mengadakan perkemahan.

Diketahui sejak kecil, Robert Baden Powell menaruh perhatian pada alam dan sangat suka menjelajah hutan yang ada di sekitar sekolahnya. Ketika dia bekerja sebagai seorang perwira militer dan ditugaskan ke berbagai peperangan, ia ditugaskan untuk memimpin kepanduan.

70 anggota Pramuka Penggalang tampak antusias menyimak materi kepramukaan

Setelah perang, Robert Baden Powell mengelola Aids to Scouting bagi anggota muda dan mengadakan kegiatan perkemahan selama 8 hari di Pulau Brownsea. Pulau Brownsea merupakan pulau terbesar di pelabuhan Poole, Dorset, Inggris.

1 tahun setelah perkemahan, Robert Baden Powell menulis buku yang berjudul “Scouting for Boys” yang menceritakan tentang prinsip dasar kepramukaan.

Demikian materi sejarah singkat kepramukaan dunia disampaikan Yulia Hasan, S.Pd kepada 70 anggota Pramuka Penggalang di SD Negeri Gombongsari Kec.Rawamerta Kab.Karawang. Kamis (9/2/2023).

Gusus Depan Gerakan Pramuka SD Negeri Gombongsari Rawamerta

“Pembelajaran kepramukaan ini, rutin dilaksanakan di sekolah setiap hari Kamis dan dikuti oleh peserta didik kelas 123 yang masuk tingkat Pramuka Siaga dengan Pembina Pramukanya ibu Wiwi Widiawati, S.Pd dan ibu Nurul Jamillah, S.Pd,” ujar Yuli.

“Sedangkan untuk peserta didik kelas 456 yang masuk tingkat Pramuka Penggalang, Pembina Pramukanya ibu Suhartini, S.Pd, dan Yulia Hasan, S.Pd,” sambungnya.

“Alhamdulillah, sesuai arahan dan bimbingan dari Kepala Sekolah sekaligus Mabigus Bapak Ervan Hendar Firmansyah, S.Pd, pendidikan kepramukaan yang merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di SD Negeri Gombongsari ini, secara rutin dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” tutupnya.

 

 

(Red).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved