Rabu, 15 Februari 2023

Komisi IV DPRD Karawang Gelar RDP dengan PPSW Pasundan Digdaya

Komisi IV DPRD Karawang Gelar RDP dengan PPSW Pasundan Digdaya

Rapat Dengar Pendanpat Komisi IV DPRD,Karawang, PPSW Pasoendan Digdaya dengan dinas/lembaga terkait

KARAWANG, MEDIA JERAT – Guna memastikan lahirnya kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar Lansia menuju Karawang ramah Lansia, jajaran pengurus Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) Pasoendan Digdaya Karawang mendatangi anggota legislatif di DPRD Kabupaten Karawang. Senin (13/2/2023).

Dialog Komisi IV DPRD Karawang Jajang Sulaeman (Partai Kebangkitan Bangsa), dan Indriyani (Partai Nasdem) dengan PPSW Pasoendan Digdaya

Kedatangan mereka, diterima oleh Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang dan langsung melakukan dialog dalam forum Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan PPSW Pasoendan Digdaya, serta dihadiri lembaga/dinas terkait antara lain dari BPJS dan Dinas Sosial Kabupaten Karawang.


Saat dikonfirmasi awak media, usai kegiatan RDP dengan Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, Vina Kurnia sebagai Manager Program di PPSW Pasoendan Digdaya mengungkapkan, bahwa Pemerintah Indonesia sudah memiliki UU 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia dan PP 43 tahun 2004 tentang Pelaksanaan Kesejahteraan Lanjut Usia menjadi tanggung jawab Pemerintah dan masyarakat.


“Undang-undang ini, menempatkan Lansia bukan hanya sebagai beban yang harus diurus, namun juga menempatkan Lansia sebagai potensi untuk meningkatkan kemajuan bangsa,” terangnya.

“Bahkan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial sudah mengeluarkan Permensos No 4 tahun 2017 tentang pedoman pengembangan Kawasan ramah Lansia,” sambungnya.


Dikatakan Vina, salah satu tujuan dari aktifitas yang dilakukan oleh PPSW Pasoendan Digdaya dengan para stake holder (pemangku kepentingan) adalah membuka jalan menuju Karawang ramah Lansia sesuai dengan mandat dalam Permensos No 4 tahun 2017.

Foto bersama Komisi IV DPRD Karawang dengan PPSW Pasoendan Digdaya

Untuk mencapai hal tersebut
, menurut Vina, tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak, terutama dukungan dalam hal Kebijakan.

Vina Kurnia, Manager Program di PPSW Pasoendan Digdaya

Kami meyakini, Karawang ramah Lansia akan bisa terealisasi lebih cepat jika Kabupaten Karawang memiliki Perda tentang Perlindungan dan Peningkatan Kesejahteraan Lansia,” tandasnya.

Tentu saja, kewenangan dalam hal menyusun Perda ini ada pada Bupati dan DPRD Kabupaten Karawang. Kami berharap Kabupaten Karawang yang ramah terhadap Lansia bisa tercipta dalam waktu dekat,” pungkas Vina.

 

 

 

(Ahas)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved