Minggu, 05 Februari 2023

Ribuan Warga Tumpah Ruah, Perayaan Cap Go Meh di Karawang Berlangsung Meriah

Ribuan Warga Tumpah Ruah, Perayaan Cap Go Meh di Karawang Berlangsung Meriah

 


KARAWANG, MEDIA JERAT - Masyarakat Kabupaten Karawang, tampak tumpah ruah memadati sepanjang jalan Tuparev, Kertabumi, Arif Rahman Hakim hingga Jalan Niaga untuk menyaksikan kirab budaya perayaan Cap Go Meh. Minggu (5/1/2023).

Cap Go Meh merupakan perayaan yang melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia.


Perayaan Cap Go Meh di Karawang dimeriahkan dengan pawai barongsai, liong dan cosplay yang menggambarkan para Dewa. Kegiatan itu juga dikolaborasikan dengan kirab budaya.

Tepat sekitar pukul 13.00 WIB, dilakukan pelepasan rombongan pawai dilakukan langsung oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, Wakil Bupati Karawang Aep Syaepulloh, Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Karawang, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya.


Pantauan awak media, jalur pawai barongsai dan kirab budaya ini dimulai dari Kelenteng Bio Kwan Tee Koen Jalan H Juanda, menuju Jalan Tuparev-Jalan Kertabumi-Jalan Arif Rahman Hakim atau Jalan Niaga kembali lagi ke Jalan Tuparev dan berakhir lagi di Kelenteng Bio Kwan Tee Koen.

Aparat kepolisian disiagakan di sejumlah titik sekitar kawasan perkotaan, karena selama pawai berlangsung dilakukan penutupan sejumlah titik ruas jalan.


Ketua Panitia Kirab Cap Go Meh Karawang, Yayang Riyadi mengatakan ada 50 joli yang hadir dalam kegiatan ruwat bumi dan kirab budaya perayaan Cap Go Meh Karawang.

“Mereka yang datang, bukan hanya dari wilayah Karawang, juga dari wilayah sekitar. Bahkan ada yang sengaja datang dari luar pulau Jawa untuk menyaksikan keseruan perayaan Cap Go Meh,” ucapnya.

"Ada dari Tangerang dari Bekasi, Cikarang. Indramayu, Palembang, Cirebon, Purwakarta, dari dayak Kalimantan juga partisipasi," sambungnya.

Yayang berharap dengan perayaan Cap Go Meh dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kerawang terutama sektor UMKM dan para pedagang kaki lima,"pungkasnya.

Salah satu warga, Fajar (20), mengaku senang dapat menyaksikan kemeriahan perayaan Cap Go Meh yang dilaksanakan satu kali dalam setahun ini.

Ia yang merupakan warga Sukamerta, Rawamerta, membawa serta keponakannya Zaki (7) dari Purwakarta yang sengaja datang untuk menyaksikan perayaan Cap Go Meh di Karawang.

"Yang pasti senang dan menghibur, apalagi ini baru ada lagi sebelumnya kan libur karena Covid-19," katanya.

 

 

 

(Aisah/Ahas).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved