Rabu, 15 Februari 2023

Wakil Bupati Karawang Hadiri Gebyar Milad Ke-40 MTs Al-I'anah Kosambi

Wakil Bupati Karawang Hadiri Gebyar Milad Ke-40 MTs Al-I'anah Kosambi

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, SE bersama pengurus Yayasan Al-I'anah Kosambi.

KARAWANG, MEDIA JERAT - Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, SE hadiri Gebyar Milad ke-40 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-I'anah yang berdomisili di Kosambi, Desa Duren, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Rabu (15/2/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan pesan, kita harus hormat kepada guru. "Karena kita bisa pintar dan berilmu seperti sekarang ini adalah berkat bimbingan dan hasil didikan dari seorang guru, " ungkapnya.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, SE saat berikan sambutan.

Hadir dalam acara tersebut, Pimpinan Yayasan Al-I'anah Ahmad Jamaludin, Kepala MTs Al-I'anah Afifah Khairunnisa, Komite Sekolah, Kepala Desa Duren A. Halim serta para tamu undangan lainnya.

Diketahui, MTs Al-I’anah berada di bawah naungan Yayasan Al-I'anah, sejak puluhan tahun yang lalu, mulai decade sebelum Indonesia merdeka hingga tahun 1980-an, di daerah Kosambi, Desa Duren, Kec. Klari belum ada sebuah madrasah selain Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-I’anah.

Kemudian berkembang dan bertambah menjadi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-I’anah.

Masyarakat Kosambi, Klari yang mayoritas muslim tentu mengharapkan adanya madrasah yang jenjangnya lebih tinggi, yakni Madrasah Tsanawiyah. Sementara lembaga pendidikan madrasah yang sudah ada ingin dan harus bergerak lebih maju.

Sadar akan tuntutan umat (masyarakat) tersebut, para tokoh agama, masyarakat dan pemerintah setempat bersama dengan lembaga pendidikan madrasah yang telah ada saat itu, yakni yang kemudian berbentuk Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al-I’anah yang baru menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Madrasah Diniyah / Madrasah Ibtidaiyah, sepakat mendirikan Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) .

Maka pada awal tahun pelajaran 1982-1983 berdirilah Madrasah Tsanawiyah dengan nama Madrasah Tsanawiyah Al-I’anah Kosambi dan berlokasi di gedung MDA/MI Al-I’anah;  Selanjutnya, langsung memulai operasional / proses pendidikannya pada tahun itu juga dengan pembagian alokasi waktu MTs masuk pagi dan MDA/MI masuk siang.

Dalam proses berdirinya MTs Al-Ianah tercatat beberapa nama tokoh yang terlibat sebagai tokoh pendiri, antara lain:

Pihak madrasah/pelaksana:

H. Abas Basri, yang saat itu sedang menjabat sebagai Penilik/Pengawas Pendais yang kemudian menjabat sebagai Kepala Madrasah.

H. Huzaemi, yang saat itu sebagai guru agama/PAI SD, kemudian guru MTs

E.Sobari (almarhum), yang saat itu sebagai Kepala MDA/MI Al-Ianah, kemudian guru MTs

H. Mulyana, sebagai guru/ pengajar

H. Didoh Sumiati sebagai guru

H. A. Jamaludin sebagai guru 

Pihak pengurus lembaga penyelenggara:

Tb. Abdul Kodir ( almarhum )

K.H. Moch. Zein ( almarhum )

M. Yusuf Manurung  (almarhum)

H. Moch. Isa Ibrahim  (almarhum)

H. Ma’mun Tahir  (almarhum)

H. Ayat Sutamiharja  (almarhum)

H. Zakaria Sasmita  (almarhum )

H. M. Edi Abdul Hadi

H. Yunus Kosasih

H. A. Jamaludin

Perjalanan selanjutnya, MTs Al-I’anah berdiri, tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan umat atau masyarakat dan dunia pendidikan di daerah Karawang khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Baik secara kuantitas/fisik maupun kualitas, MTs Al-I’anah terus merangkak berjalan, tanpa henti. Selangkah demi selangkah, hingga baru sampai pada tahapnya seperti sekarang ini, tahun pelajarn 2022-2023, telah berjalan selama sekitar 40 tahun dan tercatat memiliki peserta didik 1.200 orang.

 

 

 

(Ahas/dari berbagai sumber).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved