Kamis, 23 Maret 2023

Banyak Calon Ibu Penasaran, Bisakah USG di Bidan?

Banyak Calon Ibu Penasaran, Bisakah USG di Bidan?

Bidan Nunung Sugih, S.Tr.Keb

KARAWANG, MEDIA JERAT -  Banyak calon ibu yang masih penasaran, bisakah melakukan USG di tempat pelayanan bidan?

Begini penjelasan seorang Bidan,  Nunung Sugih, S.Tr.Keb yang buka praktek pelayanan bidan, 24 jam, di Desa Kondang Jaya Kec. Karawang Timur, Karawang.

Tempat Praktek Bidan

Menurut Bidan Nunung biasa disapa akrabnya, sebagai informasi, USG atau ultrasonografi adalah salah satu upaya pemeriksaan kandungan pada ibu hamil.

"Tujuannya, tentu tidak lain untuk mengetahui kondisi atau perkembangan janin di dalam tubuh ibu hamil, " terang Bidan Nunung, saat ditemui awak media, di tempat prakteknya, belum lama ini.

Dikatakan Bidan Nunung, untuk USG sendiri sangat disarankan dilakukan setiap tiga bulan sekali bagi ibu hamil.


"Pasalnya, hal ini dapat membantu mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan janin, serta kondisi kehamilan itu sendiri," jelasnya.

Bahkan, tambah Bidan Nunung, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan USG saat trimester pertama kehamilan.


"Hal ini dilakukan untuk memastikan posisi janin dan memperkirakan usia kehamilan, serta melihat kelengkapan pertumbuhan tubuh janin itu sendiri, ' jelasnya.

Kemudian, pada trimester ketiga, USG dilakukan untuk melihat posisi kepala janin, jenis kelamin, hingga bagian tubuh yang semakin terbentuk.

"Makanya, pesan kami kepada para ibu hamil, jangan sampai melewatkan USG rutin selama masa kehamilan, ya, " pesan Bidan Nunung Sugih, S.Tr.Keb  di akhir perbincangan.


 

(Lilis).



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved