Minggu, 12 Maret 2023

Benarkah, PKBM Griya Bahtera Ilmu di Desa Mura Baru Belum Terakreditasi?

Benarkah, PKBM Griya Bahtera Ilmu di Desa Mura Baru Belum Terakreditasi?

Latif, S.Pd pengelola PKBM Griya Bahtera Ilmu Desa Muara Baru

KARAWANG, MEDIA JERAT - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM) di Kabupaten Karawang diketahui ada sekitar 53 titik lokasi. 

Namun hasil penelusuran awak Media di lapangan, ditemukan lembaga Pendidikan non formal untuk menyelenggarakan Pendidikan Kesetaraan tersebut ada yang belum terakreditasi.

Seperti pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Griya Bahtera Ilmu yang berdomisili di Desa Muara Baru Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang.

PKBM Griya Bahtera Ilmu yang dikelola seorang Guru ASN, dengan total Warga Belajar sebanyak 50 orang, dengan rincian warga Belajar usia 21 tahun ke bawah sebanyak 25 orang dan usia 21 tahun ke atas sebanyak 25 orang. 

Menurut Pengelola PKBM Griya Bahtera Ilmu Desa Muara Baru, Latif, S.Pd kepada awak Media mengatakan bahwa PKBM Griya Bahtera Ilmu di Desa Muara Baru yang dipimpinnya ini memang benar belum terakreditasi dari Kementrian Pendidikan. 

"PKBM yang kami kelola ini, baru berjalan sekitar dua tahunan, dan masih nginduk ke PKBM Umul Yatama Desa Mekarmaya Cilamaya Wetan, " ujar Latif kepada awak media, saat ditemui di kediamannya Sabtu ( 11/3/2023) lalu. 

Lanjut Latif , warga Belajar juga baru sekitar 50 orang yang terdiri usia reguler mulai usia 21 tahun ke bawah sebanyak 25 orang yang mendapatkan BOP dari Pemerintah, sedangkan yang 25 orang lagi dengan usia 21 tahun ke atas itu warga Desa Muara yang droup aut sekolah. 

"Mereka ingin melanjutkan sekolah di Desa Muarabaru, dengan lokasi pembelajaran di tiga SDN dan satu SMP Satap, " sambung Latif. 

Adapun, terkait bangunan PKBM ini, menurut Latif, didapatkan dari bantuan aspirasi Dewan Partai Demokrat sebanyak dua lokal, bisa digunakan untuk Kegiatan Belajar dan Mengajar, dengan jumlah tutornya sebanyak tiga orang, pungkasnya. 






(Hamid/Ahas)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved