Kamis, 30 Maret 2023

Kepala Desa Pasirtalaga, Hj Utari Indriyani: “Kami Punya 5 Program Unggulan Kelola Pemerintahan Desa”

Kepala Desa Pasirtalaga, Hj Utari Indriyani: “Kami Punya 5 Program Unggulan Kelola Pemerintahan Desa”

Kepala Desa Pasirtalaga, Hj Utari Indriyani.

KARAWANG, MEDIA JERAT – Berkat kegigihan dalam melaksanakan 5 program unggulannya dalam mengelola Pemerintahan Desa (Pemdes) di Desa Pasirtalaga, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang, Hj Utari Indriyani pernah dinobatkan oleh pihak Kemendes Pusat sebagai Juara Pertama dengan kategori “Kades Wanita Berprestasi dalam Program di Pemerintah Desa”.

Hj Utari Indriyani yang biasa disapa akrab Hj Yani ini mengungkapkan, di bawah kepemimpinannya, Desa Pasirtalaga memiliki 5 Program unggulan yang tidak dimiliki oleh desa-desa lain di seluruh Indonesia.

“Lima program unggulan tersebut, yaitu Pasirtalaga Cerdas, Pasirtalaga Sehat, Pasirtalaga Peduli, Pasirtalaga Aman dan Pasirtalaga Sejahtera,” ujar Hj Yani, saat ditemui awak media usai acara Temu Bicara dengan anggota DPR RI, Komisi XI dari Partai Demokrat Hj Ferra Ferbriyan. Bertempat di Saung H.Ispandi. Kamis (29/3/2023) siang.

Kiri-Kanan: Mahfudin (Anggota DPRD Karawang, Komisi II), Erwin (Dirut Bank Indonesia Jawa Barat), Hj Utari Indriyani (Kades Pasirtalaga), Hj Ferra Ferbriyan (Anggota DPR RI, Komisi XI).

Yang sangat menarik, dari sekian program yang ada di Desa Pasirtalaga, adalah bagi setiap warga atau penduduk yang melahirkan mendapatkan bantuan dari desa sebesar 1 juta rupiah.

“Setiap penduduk yang berKTP asli Desa Pasirtalaga akan mendapatkan bantuan dana kelahiran, pernikahan, bahkan sampai dana kematian,” sambung Hj Yani.

Ketiga bantuan tersebut besaranya rata-rata satu juta rupiah yang bersumber dana dari Dana Desa (DD), PADes, bahkan ada kalanya harus keluar dari kocek pribadi untuk menambahnya, terangnya.

Hj.Yani merincikan untuk bantuan bea melahirkan, pernikahan atau hajatan sunatan, warga sakit atau meninggal dunia, itu masuk ke dalam program Pasirtalaga Peduli.

“Lalu, untuk bantuan bea kursus-kursus atau bea siswa kependidikan, itu masuknya ke program Pasirtalaga Cerdas,” imbuhnya.

Kemudian untuk program Pasirtalaga Aman, meliputi kegiatan Siskamling dan Penyuluhan Hukum,   itu juga sudah berjalan.

“Alhamdulillah, dengan berjalannya ke dua program tersebut, di wilayah desa Pasirtalaga saat ini, minim dari tindakan kriminalitas serta warga setempat pun sudah banyak yang tahu tentang hukum (Melek,red),” tutur Hj. Yani dengan nada bangga.

Kades Pasirtalaga ini menyebutkan, untuk program Pasirtalaga Sehat di isi oleh pengobatan gratis, pembuatan sarana olahraga, termasuk hadirnya Senam Gratis bagi kaum ibu atau remaja.

Tak hanya itu, karena masih ada program Pasirtalaga Sejahtera, sambung Kades Pasirtalaga, di dalam program ini pihak desa menggratiskan pembuatan dan pengurusan KTP dan KK bagi warga setempat.

“Terlebih lagi dan yang paling utama, kami menggenjot habis pembangunan di bidang insfratruktur,” tandas Hj.Yani.

“Kami merasa bersyukur,  semua program yang ada sudah berjalan baik dan sudah dinikmati manfaatnya oleh warga Desa Pasirtalaga,” pungkas Kades Hj. Yani.

 

 

 

(Hamid/Ahas).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved