Minggu, 26 Maret 2023

Luar Biasa!! Peran Kelompok Wanita Tani Mukti Rahayu Desa Pasirmukti dalam Wujudkan Ketahanan Pangan

Luar Biasa!! Peran Kelompok Wanita Tani Mukti Rahayu Desa Pasirmukti dalam Wujudkan Ketahanan Pangan

Pintu Gerbang Sentra Ketahanan Pangan KWT Mukti Rahayu Desa Pasirmukti Kec.Telagasari, Karawang. 

KARAWANG, MEDIA JERAT  - Kelompok Wanita Tani (KWT) Mukti Rahayu memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan pangan. Melalui KWT, dibawah komando ibu Ihat, para perempuan di Desa Pasirmukti melibatkan diri secara aktif dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam untuk mengembangkan usaha pangan.

Untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan KWT dalam membangun ketahanan pangan, awak Media Jerat, belum lama ini, melakukan kunjungan langsung ke Desa Pasirmukti, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang.

Kades Pasirmukti, Eja Suteja, SE

Kepala Desa (Kades) Pasirmukti, Eja Suteja, SE., mengungkapkan bahwa strategi pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) dilakukan dengan menerapkan program sentra usaha penanaman sayur di lahan pekarangan.

Adanya program tersebut, menurut Kades Teja, telah memperlihatkan adanya peran aktif kaum perempuan untuk berperan aktif dalam memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri dan mengembangkan produktivitas wirausaha.

Areal tanaman sayuran

“Kelompok Wanita Tani adalah sebuah organisasi yang menjadi wadah dan dapat menjadi harapan bagi keluarga tani karena sumber daya lokal yang berada di lingkungannya dapat dimanfaatkan dengan baik,” terang Kades Eja.

Dikatakan Kades Eja, sebagai organisasi yang bergerak di bidang pertanian, yang menjadi peran utama di dalamnya adalah kaum wanita.

Kapolsek Telagasari Polres Karawang AKP Asep Yadi Supriadi bantu bibit pohon pisang Sunfresh kepada KWT Mukti Rahayu yang diberikan secara simbolis di Kebun KWT, Minggu (5/2/2023).


“Alhamdulillah, KWT Mukti Rahayu mampu memberdayakan para petani wanita dengan menggali potensi yang dimiliki kaum wanita. Ternyata, kaum wanita juga memiliki andil yang cukup berpengaruh dalam pengelolaan pertanian,” ujarnya.

Menurut Kades Eja, dengan adanya petani-petani perempuan yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT), hasil pertanian menjadi lebih memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi

Lebih jauh Kades Eja menerangkan bahwa kegiatan KWT Mukti Rahayu cukup beragam, mulai dari budidaya sayur kacang panjang, kangkung, timun untuk konsumsi dan pengembangan usaha pangan dalam mewujudkan kesejahteraan dan ketahan pangan.

“KWT Mukti Rahayu didirikan, untuk meningkatkan kemampuan dan martabat kaum wanita di Desa Pasir mukti agar terlepas dari jerat kemiskinan dan keterbelakangan," tandasnya. 

"Dalam kesempatan ini juga, kami tak lupa mengucapkan terimakasih kepada bapak Kapolsek Telagasari, Polres Karawang, AKP Asep Yadi Supriadi yang membantu sejumlah bibit pohon pisang Sunfresh kepada KWT Mukti Rahayu dan diberikan secara simbolis di Kebun KWT, pada Minggu (5/2/2023) lalu," ucap Kades Eja.

“Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh KWT Mukti Rahayu, dirasa efektif dalam memberdayakan kaum wanita dengan memanfaatkan waktu luangnya agar lebih produktif dalam meningkatkan perekonomian. Pemberdayaan terhadap kaum wanita ini diperlukan untuk menggali potensi yang dimiliki kaum wanita melalui sumber daya lokal,” tutup Kades Eja Suteja saat mengakhiri bincang-bincangnya dengan awak Media Jerat.

 

 

(Lilis/Ahas).

 

 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved