Jumat, 24 Maret 2023

Proyek Japak di Desa Pasirawi, Terindikasi Tidak Melibatkan Masyarakat dan Dikontraktualkan?

Proyek Japak di Desa Pasirawi, Terindikasi Tidak Melibatkan Masyarakat dan Dikontraktualkan?

Japak Japak di lingkungan RT 010/ RW 02 Dusun Sumur Bandung

KARAWANG - Pembangunan Inprastuktur Jalan Setapak ( Japak) yang biayai dari Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2023, di Desa Pasirawi, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, diduga tidak trasfaran kepada masyarakat karena tidak terpasang papan informasi di lokasi kegiatan.

Kepada awak media, warga setempat mengaku tidak tahu menahu soal pelaksanaan pekerjaan Japak di lingkungannya. “Yang mengerjakan pengecoran disini, kayanya warga dari luar Desa Pasirawi. Saya tidak pada kenal pak. Coba lihat ini, masa sich cor beton diganjal pakai bata merah, bukan pakai papan bekisting,” ujar warga sambil menujuk pada cor beton Japak yang nempel di lantai rumah milik warga, dan sudah mengering. 

“Kami tidak tahu pak, kalau pekerjaan ini harus swakelola. Mungkin dikerjakan pihak kontraktor,” sebutnya, dengan meminta kepada awak media agar tidak ditulis namanya. Rabu (23/3/2023) kemarin.

Japak di lingkungan RT 010/ RW 02 Dusun Sumur Bandung, ketebalan rata-rata 9,5 cm

Sementara itu, berdasarkan hasil penelusuran dan keterangan yang berhasil dihimpun awak media di lapangan, pengerjaan proyek Japak tersebut' diduga tidak dikerjakan secara swakelola dan tidak melibatkan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Pasirawi yang melibatkan unsur Pemdes dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa setempat, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pantauan awak media, pada proyek Japak di lingkungan RT 010/ RW 02 Dusun Sumur Bandung Desa Pasirawi, hasil pekerjaan tampak amburadul dan ketebalan cor beton rata-rata hanya setebal 9,5 centi meter saja.

Japak yang nempel di lantai rumah milik warga, dan sudah mengering. 

Kepala Desa Pasirawi Ahmad Sobari saat dikonfrmasi awak media melalui pesan Whast Up (WA) ponselnya, terkait proyek Japak yang dibiayai Dana Desa Tahun 2023 tersebut, tidak memberikan penjelasan dan hanya memberikan jawaban singkat “Siap” saja. 




(Hamid).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved