Rabu, 22 Maret 2023

Tokoh Petani dan Warga, Ucapkan Terimakasih Kepada Kepala Desa H.Ahmad Holidin Atas Pembangunan Drainase di Dusun Neglasari RT.013 RW.007 Desa Sukamerta

Tokoh Petani dan Warga, Ucapkan Terimakasih Kepada Kepala Desa H.Ahmad Holidin Atas Pembangunan Drainase di Dusun Neglasari RT.013 RW.007 Desa Sukamerta

Kades Aho saat monitoring pekerjaan drainase di Dusun Neglasari Desa Sukamerta, Rawamerta. 

KARAWANG, MEDIA JERAT – Tokoh petani dan warga Dusun Neglasari Lingkungan RT.013 RW.007 Desa Sukamerta Kec.Rawamerta Kab.Karawang mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamerta dibawah kepemimpinan H.Ahmad Holidin.

Pasalnya, saluran drainase yang selama ini selalu meluap akibat pendangkalan di saat musim penghujan serta terjadi kebocoran pasokan air saat mengairi sawah di musim tanam padi, telah dibangun secara permanen oleh Pemdes Sukamerta.

Agus K. tokoh petani Dusun Neglasari saat bincang-bincang dengan Kades Aho. 

“Alhamdulillah, usulan pembangunan drainase warga Dusun Neglasari dalam rapat musyawarah dusun (Musdus) tahun 2022 lalu, telah direspon cepat oleh Kepala Desa (Kades) Sukamerta H.Ahmad Holidin,” ujar Agus K (40 thn) tokoh petani Dusun Neglasri kepada awak media, Kamis (23/3/2023) siang.  

“Sebagai petani, tentu sangat senang. Karena dengan adanya pembangunan drainase ini, aliran air akan semakin lancar serta pada saat mengairi sawah di musim tanam padi, airnya aman, tidak bocor terbuang akibat adanya lubang-lubang di sepanjang tanggul sawah,” sambungnya.

“Kami atas nama para petani dan warga disini mengucapkan terima kasih kepada pelaksana pekerjaan proyek ini, ucapan terima kasih khususnya, kepada Kepala Desa Sukamerta bapak H. Ahmad Holidin, Bupati Karawang ibu Hj. Cellica Nurrachadiana, yang telah merespon harapan masyarakat selama ini, yang telah mengidamkan pembangunan drainase di Dusun Neglasari ini,” ungkapnya.

Sementara itu, masih di lokasi yang sama, Rian (35) warga Dusun Neglasari RT.013 RW.007 kepada awak media menuturkan, dengan adanya pembangunan drainase yang dikerjakan secara swakelola, ia bersama warga dusun setempat lainnya bisa ikut kerja dalam pelaksanaan pembangunan ini.

“Menjelang puasa di bulan Ramadhan ini, berkah pak, ada bekal buat munggah puasa dan simpanan untuk hari raya lebaran nanti,” tuturnya dengan nada bahagia, dan di iyakan oleh Adul, Donal, Sandra dan warga lainnya.

Seperti diungkapkan Kepala Desa Sukamerta H.Ahmad Holidin, Pemdes Sukamerta, sejak Senin (20/3/2023) kemarin, telah mulai melaksanakan pekerjaan proyek drainase sepanjang 150 meter x 2 total 300 meter lari. 

“Pembangunan proyek drainase ini, menggunakan anggaran Dana Desa Tahun Anggaran (TA).2023, senilai 193 juta  200 ribu rupiah dan dikerjakan secara swakelola serta mempekerjakan warga lokal.,” terang Kades Ahmad Holidin yang biasa disapa Aho ini, kepada awak media, saat berkunjung untuk monitoring pekerjaan di lokasi kegiatan. Kamis (23/3/2023) sore.

Terakhir, Kades Aho menyampaikan pesan atau amanat kepada tim pelaksana kegiatan (TPK) untuk lebih mengedepankan azas manfaat bagi masyarakat, artinya pengerjaan drainase ini harus tepat sesuai aturan dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat serta bisa bertahan lama. 

"Selanjutnya, dalam jarak tertentu dibuatkan lubang air dengan menggunakan pipa paralon agar bisa ditutup dan dibuka disaat petani memerlukan pasokan air atau sebaliknya. Kemudian, tidak lupa dibuatkan jembatan penyeberangan seukuran traktor dan rontogan agar lebih memudahkan para petani ketika membutuhkan alat atau mesin untuk mengolah tanah sawah maupun pada saat memanen padi, " pungkasnya. 





(Hamid/Ahas)



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved