Sabtu, 10 Juni 2023

Menjawab Kabar Beredar, Ketua FK-PKBM Kab.Karawang, Ales: “Tidak Ada Potongan Dana BOSP 30 Persen ke Forum”

Menjawab Kabar Beredar, Ketua FK-PKBM Kab.Karawang, Ales: “Tidak Ada Potongan Dana BOSP 30 Persen ke Forum”

Ketua Forum Komunikasi PKBM Kab.Karawang Asep Lesmana

KARAWANG, MEDIA JERAT – Menjawab kabar yang beredar dan sempat jadi sorotan media belakangan ini, terkait dugaan adanya potongan sebesar 30 persen dari Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) setiap tahun oleh Forum Komunikasi (FK) PKBM Kab.Karawang, dibantah langsung oleh Ketua FK-PKBM, Asep Lesmana.

“Tidak ada potongan sebanyak 30 persen dari setiap pencairan Dana BOSP PKBM ke Forum,” ujar Ketua FK-PKBM Kab.Karawang, Ales Lesmana yang biasa disapa Ales ini, saat di konfirmasi wartawan di ruang Penilik Bidang Dikmas Disdikpora Kabupaten Karawang. Jum’at (9/6/2023).

“Saya sekarang sedang berbenah, PKBM tidak seperti pengurus yang dulu, kemungkinan ada setoran ke Forum setiap ada pencairan BOSP PKBM dari Pemerintah Pusat ke Rekening Pengelola PKBM,” tambah Ales.

Menurut Ales, kalau pun ada, dana itu sebenarnya bukan potongan tetapi setoran atau iuran dana kegiatan kepada Forum, jelasnya.

Dana tersebut, tambah Ales, untuk kegiatan-kegiatan FK-PKBM, seperti rapat rapat, kegiatan peningkatan tutor, pengadaan buku modul atau buku paket pelajaran, kegiatan Pramuka.

“Kegiatan-kegiatan itu, anggarannya dari setoran atau iuran tiap PKBM ke Forum,” terang Ales.

Kabid Dikmas Disdikpora Kab.Karawang, Hj Sitti Imas Masitoh

Hal senada juga disampaikan Kabid Dikmas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang Hj Sitti Imas Masitoh,S.Pd saat ditemui wartawan pada Rabu (7/6/2023) sebelumnya, bertempat di Ruang Penilik Bidang Dikmas Disdikpora Kab.Karawang.

Ia mengatakan, setoran atau iuran ke Forum Komunikasi PKBM itu tidak Ilegal, tetapi memang benar-benar legal, sepanjang tercatat di ARKAS PKBM, karena untuk kepentingan Kegiatan PKBM juga.

“Dana tersebut untuk kegiatan-kegiatan seperti kegiatan rapat forum, kegiatan rapat peningkatan mutu tutor dan lain-lain,” kata Hj.Sitti Imas Masitoh, S.Pd.

Sementara itu, di tempat terpisah, sumber awak media dari salah satu pengelola PKBM di kabupaten Karawang, membenarkan adanya setoran dana ke Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Karawang melalui Bendahara Forum.

“Memang benar, yang saya tahu, itu semua Pengelola Satuan Pendidikan Kesetaraan PKBM di Kabupaten Karawang harus menyetorkan Dana BOSP ke Bendahara FK PKBM Kabupaten Karawang dari anggaran BOSP per tahun,” ucap sumber yang tidak mau ditulis jati dirinya itu, kepada awak media.

“Katanya sih, dana itu untuk kegiatan PKBM juga, tetapi anehnya hampir di setiap kegiatan, Pengelola PKBM tetap harus bayar lagi,” cetusnya dengan nada heran.

“Jadi, Dana setoran dari tiap PKBM itu, larinya kemana? Sebab, selama ini, pertanggungjawaban penggunaan dana itu pun tidak ada,” ujarnya, saat di konfirmasi di Saung Abah Cianjur, Jum’at (9/6/2023).

Kiri-Kanan: Hamid Bid.Investigasi dan Koordinator FP2PN Kab.Karawang, AT Suryadi (Kang Obet)

Kabar tak sedap di dunia pendidikan Kabupaten Karawang, terkait dugaan adanya pungutan liar (pungli) dana sebesar 30 persen dari BOSP PKBM oleh Forum Komunikasi PKBM, ternyata mendapat perhatian khusus dari A.T.Suryadi Koordinator Forum Pemantau Pembangunan dan Penyelenggara Negara (FP2PN) Kabupaten Karawang.

Dalam waktu dekat, kami akan berkordinasi dengan aparat penegak hukum (APH), agar dugaan adanya pungli dana BOSP PKBM sebesar 30 persen ini, menjadi jelas dan terang,” tegas A.T. Suryadi, kepada awak media, saat bersantai dan minum kopi di kantin Pemda 2 Karawang,  Pada Jum’at (9/6/2023) sore.


(Tim Investigasi).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved