Selasa, 25 Juli 2023

Kadin Koperasi dan UMKM Karawang, Rohman, M.Si: Himbau Kopkar Kawasan Industri Jalin Kerjasama dengan UMKM, Serap Produk Lokal

Kadin Koperasi dan UMKM Karawang, Rohman, M.Si: Himbau Kopkar Kawasan Industri Jalin Kerjasama dengan UMKM, Serap Produk Lokal

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Karawang Rochman, M.Si

Karawang, Mediajerat.com - Kabupaten Karawang adalah penyangga Ibu Kota Jakarta dan juga tercatat sebagai Kawasan Industri terbesar di Asia Tenggara.

Ada sekitar 2.000 perusahaan pabrik telah berdiri di Kabupaten Karawang dan tersebar di banyak Kawasan Industri dan Zona Industri, seperti Kawasan Industri Indotaishe Cikampek, Kawasan Industri Surya Cipta, Kawasan Industri Mitra, Kawasan Industri Internasional Center (KIIC), Kawasan Industri Trans Heksa serta Zona Industri di luar Kawasan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang Rochman, M.Si mengatakan, di Kabupaten Karawang Koperasi tercatat ada sekitar 1.600 Koperasi, dan yang masih aktif sekitar 60 persen.

“Koperasi Itu pun yang masih aktif kebanyakan adalah Koperasi Karyawan (Kopkar) di Perusahaan Swasta yang ada di beberapa Kawasan Industri di Kabupaten Karawang,” ucapnya saat  bincang-bincang dengan awak Mediajerat.Com di ruang kerjanya. Selasa (25/7/2023) siang.

Pertanyaannya, kenapa Kopkar selama ini relatif masih bisa bertahan? Menurut Rochman, karena untuk iuran wajib dan simpanan anggotanya berjalan lancar.

“Pada saat karyawan yang tercatat sebagai anggota koperasi menerima gaji, langsung dipotong untuk iuran kopkar,” terangnya.

Menurutnya, tidak seperti Koperasi yang berada di luar kawasan industri, atau koperasi yang berdiri di pedesaan yang lebih banyak berbentuk Koperasi Simpan Pinjam (Kosipa).

“Koperasi yang banyak berdiri di pedesaan itu, cukup sulit untuk berkembang karena kendala iuran wajib dan dan simpanan anggotanya tidak lancar. Sehingga seringkali ditemui, papan nama koperasinya ada, namun perkembangan koperasi dan anggotanya tidak tercatat di Dinas Koperasi,” ujar Rochman.

Dalam kesempatan itu, Rochman menghimbau kepada para Pengurus Kopkar yang berada di Kawasan Industri di Kabupaten Karawang untuk dapat menggandeng atau menjalin kerjasama dengan para pelaku Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM) yang telah Dibina oleh Pemerintah Kabupaten Karawang atau Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang.

“Kami berharap, dengan adanya jalinan kerjasama antara Kopkar dengan para pelaku UMKM, pasar hasil para pengrajin makanan, minuman atau produk lokal Karawang lainnya, bisa terserap dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan warga masyarakat Karawang,” cetus Rochman.

 

 

 

 

(Hamid)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved