Sabtu, 29 Juli 2023

Pelaksanaan Rehab Ruang Kelas di SDN Cibadak 1 Diduga Tidak Sesuai Kontrak

Pelaksanaan Rehab Ruang Kelas di SDN Cibadak 1 Diduga Tidak Sesuai Kontrak

Proyek rehab ruang kelas

Karawang, Mediajerat.Com l Pelaksanaan Proyek Rehab Ruang Kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibadak 1 di Desa Cibadak Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diduga kuat tidak sesuai kontrak.


Hasil pantauan Mediajerat.com di lokasi, diketahui Proyek Rehab Ruang Kelas tersebut dibiayai dari APBD Kabupaten Karawang Tahun 2023 sebesar Rp 199.585.475.-

Proyek rehab ruang kelas yang dilaksanakan Kontraktor PT. SPJ dari Jakarta Timur itu, terindikasi dikerjakan asal jadi. Pasalnya, banyak kusen yang sudah keropos, kayunya rapuh dibiarkan, yang diganti hanya dua buah kusen kaca, beberapa pintu dan daun pintu .

Kepala SDN Cibadak 1, Mulyono, S.Pd

Menurut pekerja, saya hanya suruh pasang kusen kayu dua titik saja dan inipun kusen ukurannya kepanjangan.

"Jadi, saya bobok cor coran pada dindingnya dulu, " ujar pekerja tukang batu saat ditanya wartawan di lokasi proyek. Jum,at ( 28/7/2023).

Papan informasi proyek

Ditempat  lain, Kepala SDN Cibadak 1, Mulyono S.Pd  kepada wartawan mengatakan bahwa SDN Cibadak 1 sedang direhab sebanyak tiga ruang kelas dengan anggaran biaya dari APBD Tahun 2023 sebesar Rp 199 .585.475.

"Benar sedang ada kegiatan rehab. Namun sangat disayangkan, masih banyak kusen kusen yang keropos di lewat oleh kontraktor, tidak diganti dengan kusen baru, " ujar Mulyono.

Menurut Kepsek, kenapa hanya dua titik kusen kayu yang diganti? Padahal, waktu disurvai oleh Sapras Disdikpora bersama Konsultan, semua kusen yang keropos itu janjinya akan diganti.

"Kenyataannya, Kontraktor tidak mengganti semua kusen yang sudah koropos dan tidak pakai plapon, " ujar Mulyono, S. Pd saat dikonfirmasi awak media di ruang Guru. Jum,at ( 28/7)

Dikatakan Mulyono , Proyek Rehab itu bukan dikerjakan swakelola oleh pihak sekolah atau komite sekolah tetapi dikerjakan oleh kontraktor.

"Pokoknya, kalau tidak sesuai spek, saya tidak akan tanda tangan pada acara  penyerahan bangunan rehab ini. Soalnya, kerjaannya kurang beres, " keluh Kepala SDN Cibadak 1, Mulyono dengan nada kesal.



(Hamid).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved