Selasa, 12 September 2023

Proyek Rehab SDN Karangpawitan III Jalur Aspirasi Dewan, Terindikasi Tidak Sesuai RAB

Proyek Rehab SDN Karangpawitan III Jalur Aspirasi Dewan, Terindikasi Tidak Sesuai RAB

Struktur Ring Balk lama sebagai penahan beban atap, tidak diganti baru.

Karawang, Mediajerat.Com - Pekerjaan Rehab Gedung Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Karawang Pawitan III Kelurahan Karangpawitan Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang terindikasi dalam pelaksanaannya tak sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) dari Konsultan Teknis. 

Pantauan awak media di lokasi, banyak kusen kayu yang sudah keropos tidak diganti atau diperbaiki. Kemudian Cor Ring Balk yang lama tidak dibongkar dan hanya sekedar tambal sulam. 

Awak mediajerat.com saat monitoring pekerjaan rehab/eksisting bangunan. 

Orangtua siswa dan warga setempat yang sedikit faham konstruksi menyebutkan, bila Ring Balk tidak diganti baru, dikhawatirkan besi cor pada Ring Baik tersebut sudah keropos dan tidak kuat menyangga bangunan atap dan konstruksi bangunan karena sudah berumur 20 tahun lebih. 

"Kami melihat, pelaksana Proyek hanya mengganti rangka atap, tambal sulam dinding dan mengerjakan pengecatan saja, " ucap warga, seraya meminta untuk tidak ditulis identitasnya. 

Papan Informasi Proyek

Hal senada juga disampaikan salah seorang tenaga pengajar di SDN Karangpawitan III yang tidak mau disebutkan namanya kepada wartawan mengatakan, sekolah ini memang sedang ada pembangunan rehab ruang kelas sebanyak 3 lokal.

"Alhamdulilah, SDN Karangpawitan III pada tahun ini mendapat rehab dari Pokir atau jalur aspirasi Dewan. Saya berharap kontraktor atau pelaksana proyek dalam melaksanakan pekerjaan harus sesuai RAB dan Gambar karena kelihatannya banyak kusen yang sudah keropos, kok tidak diganti," tambah tenaga pengajar tersebut saat dikonfirmasi di Ruang Guru Selasa ( 12/9/2023).

Sementara di tempat terpisah, Yanto,M.Pd Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan SMP sekaligus Plt Kasi Sarana dan Prasarana (Sarpras) Disdikpora Kab.Karawang kepada wartawan menerangkan, proyek Rehab SDN Karangpawitan III itu adalah usulan (aspirasi) dari Pokir Dewan melalui Sekretaris Dewan dan bukan dari usulan Disdikpora.

Dikatakan Yanto, kalau memang masih banyak kusen keropos dan harus diganti, kepala sekolah melalui Korwilcambidik Kecamatan Karawang Barat bisa mengusulkan lagi rehab untuk mengganti baru sejumlah kusen yang keropos itu, jelas Yanto

Yanto menambahkan, untuk tenaga pengawas teknik pada kegiatan rehab gedung di SDN Karangpawitan III, Dinas menunjuk Asep sebagai tenaga Konsultan dan Pengawasan.

"Saya tidak mengerti, apa yang ditanyakan oleh wartawan terkait pekerjaan Ring Balk dan lain lain istilah teknik, silahkan tanya saja pak Asep sebagai konsultan perencanaan dan pengawasannya," pungkas Yanto .






(Hamid).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved