Senin, 30 Oktober 2023

Antisipasi Kebakaran TPA Jalupang, Tim Kesling Puskesmas Tirtamulya Uji Kadar Partikel Udara di Desa Karangjaya

Antisipasi Kebakaran TPA Jalupang, Tim Kesling Puskesmas Tirtamulya Uji Kadar Partikel Udara di Desa Karangjaya

Sekcam Tirtamulya, Nyai Komala, SE

Karawang, Mediajerat.Com — Antisipasi dampak buruk kepulan asap tebal akibat  kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang, Desa Wancimekar, Kec. Kotabaru, Karawang, pihak kecamatan Tirtamulya bersama Tim Kesling UPTD Puskesmas Tirtamulya adakan pengukuran kadar partikel udara di wilayah pemukiman warga yang terdekat di lokasi kejadian.

Saat dikonfirmasi awak Mediajerat.Com, Camat Tirtamulya melalui Sekcam. Tirtamulya, Nyai Komala, SE. , mengungkapkan bahwa pihak Kecamatan bersama Tim Kesling Puskesmas Tirtamulya sudah turun ke wilayah desa terdekat.

"Tim Kesling Puskesmas Tirtamulya, sudah turun ke Desa Karangjaya, selanjutnya kami melakukan pengukuran kadar partikel udara di wilayah pemukiman setempat. Alhamdulillah, hasilnya masih aman, " ucapnya. Senin (30/10/2023) siang.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran terjadi di TPA Jalupang. Kebakaran tersebut menyebar ke kawasan pemukiman warga, sejak Sabtu (28/10/2023) siang hingga Ahad (29/10/2023), kebakaran masih terjadi. 

“Kepulan asap membubung tinggi dan menyebar ke wilayah pemukiman warga,” ungkap Wawan Setiawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, kepada awak media, Ahad (29/10/2023).

Menyikapi kondisi tersebut, Wawan mengatakan, singgah bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang membagikan masker kepada warga yang tinggal di sekitar TPA Jalupang. Pembagian masker dibantu personel Polri dan TNI. 

“Pembagian masker ini kami lakukan untuk mencegah penyakit ISPA yang mungkin terjadi akibat dampak kepulan asap kebakaran yang menyebar ke arah pemukiman warga,” ujar Wawan.

Selain membagikan masker, Wawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menyiagakan puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga yang terdampak asap kebakaran.

Wawan mengaku saat ini belum mengetahui penyebab pasti kebakaran di TPA Jalupang. Begitu juga luas area yang terbakar di tempat penampungan sampah itu. 



(Tim Jerat).



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved