Kamis, 12 Oktober 2023

Bentuk Karakter Pemimpin, SMAN 1 Rawamerta Gelar LDKS Tahun Ajaran 2023/2024

Bentuk Karakter Pemimpin, SMAN 1 Rawamerta Gelar LDKS Tahun Ajaran 2023/2024

52 Peserta LDKS, foto bersama

Karawang, Mediajerat.Com - Guna membentuk jiwa kepemimpinan dan melatih kedisiplinan sekaligus mengubah sikap atau karakter siswa/siswi yang lebih baik, SMAN 1 Rawamerta menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Tahun Ajaran 2023/2024 bertempat di aula SMAN 1 Rawamerta, Karawang, Jawa Barat. Jum'at (6/10/2023).

Kepala SMAN 1 Rawamerta, Dr. Epul Saepul, S. Pd. I, M. Pd, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa setelah siswa-siswi mengikuti kegiatan LDKS, diharapkan ada perubahan karakter yang lebih baik.

"Ke depan, siswa-siswi SMAN 1 Rawamerta memiliki jiwa kepemimpinan, dan sikap disiplin serta bisa merubah sikap yang tadinya malas menjadi rajin, yang mulanya pendiam dan pemalu jadi lebih aktif dan memiliki banyak teman," ujarnya.

Lebih lanjut, Bapak Epul Saepul menegaskan, sedikitnya ada 5 point yang menjadi target capaian dalam kegiatan LDKS, yaitu:
1. Melatih kepercayaan diri sebagai pengurus atau pemimpin;
2. Harus bisa belajar untuk menyelesaikan masalah atau mencari solusi permasalahan;
3. Mengasah kemampuan dalam berorganisasi serta bisa menggerakkan organisasi;
4. Memupuk sifat kepemimpinan;
5. Menjadikan kegiatan LKS sebagai sarana pengembangan diri.

Terakhir, secara filosofi Bapak Epul Saepul menggambarkan, dalam kegiatan LDKS ini, siswa-siswi layaknya sebuah botol yang terisi air setengah, lalu berkembang di isi sedikit demi sedikit dan harus bisa penuh saat kegiatan LDKS di sekolah dan kegiatan Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) di lapangan Kostrad Sanggabuana sudah selesai.

"Jadi, setelah pulang dari sana (lapangan Kostrad), saya harap kalian sudah bisa menerapkan lima materi yang saya sampaikan tadi, " pungkasnya.




Koresponden Pelajar:
Kania Fajrina, Kls X-IPS-1









Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved