Selasa, 10 Oktober 2023

Warga Sesalkan, Jalan Masuk Desa Sukamakmur Disambut Tumpukan Sampah Bau Busuk

Warga Sesalkan, Jalan Masuk Desa Sukamakmur Disambut Tumpukan Sampah Bau Busuk

Gundukan sampah, di pintu masuk menuju kantor Desa Sukamakmur

Karawang, Mediajerat.Com - Jalan masuk menuju Kantor Desa Sukamakmur, Kec.Telukjambe Timur, Karawang, disambut tumpukan sampah menggunung dan mengeluarkan bau busuk.

Warga setempat menyesalkan, kenapa gundukan sampah itu terkesan dibiarkan begitu saja oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang.

Menurut Warga Kampung Karangsinom Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur, sebaiknya lokasi pembuangan sampah tersebut dirapihkan.

"DLHK Kabupaten Karawang, kan, sebagai dinas yang menangani kebersihan sampah, bisa membangun tempat pembuangan sampah sementara (TPSS), " cetus warga, sehingga pada musim penghujan tidak menyebarkan bau busuk.

Kardi Petugas kebersihan mengeluh per bulan hanya kebagian Rp 1 juta

Masih di lokasi yang sama, Petugas Kebersihan dari Desa Sukamakmur, Kardi kepada wartawan mengatakan, memang benar sampah yang menggunung ini, setiap hari saya kumpulkan dari tiap tiap rumah warga di dusun Pasirpanggang Desa Sukamakmur.

"Setiap hari diangkut ke sini, menggunakan gerobak sampah, " ujar Kardi saat dikonfirmasi di Lokasi Pembuangan sampah pinggir jalan Desa Sukamakmur Selasa ( 11/10) .

Lanjut Kardi, dari warga dusun Pasirpanggang setiap bulan membayar iuran kebersihan sebesar Rp 20.000 per rumah.

"Uang iuran tersebut, saya gunakan untuk bayar mobil truk sampah dari Dinas LHK Karawang sebesar Rp 1.550.000,- setiap kali angkut sampah, setiap bulannya, " terang Kardi.

Dikatakan Kardi, dari iuran warga itu, ia hanya kebagian Rp 1 juta saja, setelah dipotong ongkos angkut sampah oleh mobil DLHK.

"Sebenarnya, ongkos angkut sampah ini terlalu mahal, " pungkas Kardi.




(Tim Jerat).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved