Senin, 27 November 2023

Layak Jadi Contoh! Pemdes Mulyasari Bantu Warga, Bangun 5 Rumah Layak Huni

Layak Jadi Contoh! Pemdes Mulyasari Bantu Warga, Bangun 5 Rumah Layak Huni

 

Kegiatan pembangunan rumah layak huni

Karawang, Media Jerat.-Pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat miskin setiap tahunnya selalu dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Hanya saja, anggaran untuk bantuan tersebut masih terbatas, karena masih banyak program lain yang juga penting dijalankan.

Melihat keterbatasan itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Mulayasari, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, berinisiatif membantu keterbatasan pemerintah pusat dan daerah tersebut.

Kepala Desa Mulayasari Margono,S. Kes

Pada tahun 2023, bertepatan dengan momentum peringatan Hari Jadi Desa Mulyasari ke-42 tahun, Pemdes Mulyasari mulai mengumpulkan dana dari seluruh aparat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) serta para donatur lainnya.

Setelah terkumpul dan dianggap cukup, seluruh dana itu langsung dikerjakan untuk membedah sebanyak 5 rumah warga yang tidak layak huni menjadi sebuah rumah yang layak huni.

Unsur TNI dan Polri bersama warga membantu bedah rumah tidak layak huni

“Soal rumah layak huni, bagi warga yang tinggal di bantaran Kali Malang ini karena keterbatasan dana dan aturan yang tidak bisa masuk anggaran pemerintah maupun jalur aspirasi dewan, kita aparat desa, BPD, LPM gotong royong kumpulkan dana untuk membangun rumah layak huni,” kata Kepala Desa Mulayasari, Margono,S.Kes, saat ditemui awak media di lokasi kegiatan pembangunan. Rabu (22/11/2023) kemarin.

Margono mengatakan, pengumpulan dana untuk bantuan rumah layak huni tersebut akan terus dilaksanakan setiap tahun. Bahkan ke depan, Ia akan melibatkan masyarakat setempat.

Warga tampak semangat bergotong-royong bantu bedah rumah yang tidak layak huni

“Setiap tahun ini kita pasti bisa. Kita juga akan sosialisasikan sistem gotong royong ini kepada masyarakat, semoga mereka akan ikut juga. Kalau begitu, mungkin kita bisa bangun sampai 5 unit setiap tahun. Saya juga berharap, semoga ini bisa jadi contoh bagi desa lain,” tandasnya.

Menanggapi hal ini, Ketua DPD J.P.K.P Karawang, Ahmad Hasan, memberikan apresiasi kepada seluruh aparat Desa Mulayasari, khususnya Kepala Desa Mulyasari, Margono. Pasalnya, inisiatif mereka sangat membantu pemerintah daerah terutama bagi warga miskin.

“Semoga program pembangunan Rumah layak huni secara gotong-royong di Desa Mulayasari ini, terus berlanjut dan bisa masuk menjadi program unggulan tahunan,” ucapnya kepada awak media.

 

(dank)



 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved