Selasa, 21 November 2023

Tahapan Pemilu 2024, Ketua Panwascam Klari: Bersama Rakyat Siap Awasi Pemilu, Demi Terwujudnya Pemilu Jujur, Adil dan Berintegritas

Tahapan Pemilu 2024, Ketua Panwascam Klari: Bersama Rakyat Siap Awasi Pemilu, Demi Terwujudnya Pemilu Jujur, Adil dan Berintegritas


Karawang, Media Jerat
,-Dalam Rapat Kerja Pengawasan Tahapan Pemilu 2024, bertempat di ruang rapat Panwas, pada Selasa (21/11/2023), Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Klari H.Asep Saepudin, S.Pd mengungkapkan bahwa Panwascam Klari bersama rakyat siap awasi Pemilu, demi terwujudnya Pemilu yang jujur, adil dan berinteritas.

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua Panwascam Klari H. Asep Saepudin, S.Pd., Camat Klari H. Panji Santoso, SE,. Kapolsek Klari Kompol. Andryan Nugraha, SH., Danramil Klari Kapten Inf. Beneanemi Hulu. Korwilcambidik H. Hasanuddin, S.Pd M.Pd beserta jajaran Panwascam Klari.

Lebih lanjut, Ketua Panwascam Klari memaparkan bahwa Pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan Negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sesuai Pasal 1 ayat (2) yang berbunyi, "Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar".

Pasal 22E Ayat (1) UUD 1945 menggariskan enam kriteria pemilu demokratis, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Selanjutnya, UU Pemilu menambah dua kriteria lagi, yakni transparan dan akuntabel.


Dalam konteks inilah, konsep integritas Pemilu menjadi penting karena napas yang menjiwai pemilu adalah politik, yang memiliki sifat dasar "menghalalkan cara untuk mencapai tujuan dan kekuasaan".

Adalah tanggung jawab kita semua untuk berperan aktif, tidak hanya penyelenggara Pemilu, seperti KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, untuk mengonstruksi pemilu berkualitas dan berintegritas bagi kemajuan bangsa.

Salah satu fungsi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) adalah melakukan pengawasan tahapan dan pencegahan pelanggaran pemilu. Terdapat fungsi Bawaslu yang strategis dan signifikan, yakni bagaimana menghindari potensi pelanggaran pemilu muncul dengan menjalankan strategi pencegahan yang optimal.

Pada Pasal 93 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu bahwa tugas bawaslu yakni melakukan pencegahan dan penindakan terhadap: pelanggaran Pemilu; dan sengketa proses Pemilu, mengawasi pelaksanaan tahapan Penyelenggaraan Pemilu, mencegah terjadinya praktik politik uang serta pengawasi netralitas aparatur sipil negara, netralitas anggota Tentara Nasional Indonesia, dan netralitas anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Kemudian Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan atau sering disebut Panwascam atau Panwaslu Kecamatan sebagai kepanjangan tangan dan atau kesatuan dari Badan Pengawas Pemilu yang wilayah kerjanya ditingkat kecamatan berdasarkan pasal 109 UU 7 tahun 2017 Panwaslu Kecamatan memiliki tugas:
a. melakukan pencegahan dan penindalran di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran Pemilu, yang terdiri atas:
b. mengawasi pelaksanaan tahapan Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan;
c. mencegah terjadinya praktik politik uang di wilayah kecamatan;
d. mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini di wilayah kecamatan;
e. mengawasi pelaksanaan putusan/keputusan di wilayah kecamatan, yang terdiri atas;
f. mengelola, memelihara, dan merawat arsip serta melaksanakan penyusutannya berdasarkan jadwal retensi arsip sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan
g. mengawasi pelaksanaan sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan;
h. mengevaluasi pengawasan Pemilu di wilayah kecamatan;

Bahwa berdasarkan PKPU atau Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan Pemilu, diketahui saat ini adalah tahapan pencalonan, bagi calon anggota legislatif dari tinggkat pusat sampai daerah Kabupaten/Kota serta pencalonan Presiden dan Wakil Presiden.

Pada tanggal 04 November 2023 KPU khususnya KPU Kabupaten Karawang telah menetapkan daftar calon tetap (DCT) dari calon anggota legislatif untuk DPRD Kabupaten Karawang.

Panwascam Klari juga telah mengawasi melalui data para calon anggota dewan yang khususnya tingggal atau berdomisili di Kecamatan Klari dimulai dari DCS hingga DCT.

Panwascam Klari mencatat setidaknya ada 41 Calon Anggota Legislatif yang mencalonkan diri pada pemilu 2024 dan diantara 41 Calon Anggota Legislatif tersebut ada 4 orang yang masih menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Karawang dengan kata lain Incumbent.

Selain tahap pencalonan, panwascam Klari juga berdasarkan tugas dan fungsinya tetap mengawasi tahapan DPTB dan DPK.

Pemilu nanti tanggal 14 Februari 2024 Klari mendapatkan perdikat DPT terbanyak yakkni 136.521 Pemilih, terdiri dari 68.162 Pemilih laki-laki, 68.359 pemilih perempuan, yang tersebar di 522 TPS pada 13 Desa.

Tahapan yang paling menjadi perhatian serta sering menjadi sorotan publik yakni tahapan kampanye. Meskipun jika mengacu pada PKPU 3 Tahun 2022 tahapan kampanye tersebut dimulai pada tanggal 28 November 2023 – 10 Februari 2024.

Kita mungkin saat ini sangat akrab bahkan sering melihat spanduk dari pada peserta pemilu
bertebaran khususnya di wilayah Kecamatan Klari, Panwascam Klari juga menjadikan hal tersebut sebagai perhatian khusus. Panwascam Klari setidaknya sejak saat penetapan DCT oleh KPU yakni sejak tanggal 04 November 2023 telah mengidentifkasi dan menginventaris spanduk-spanduk yang memiliki unsur atau muatan kampanye.

Hasil identifikasi tersebut yakni ada 1600 titik pemasangan spanduk peserta pemilu yang isi atau konten dari spanduk tersebut memiliki unsur kampanye.

Dengan diketemukannya spanduk yang berisi muatan atau unsur kampanye tersebut diwilayah kecamatan Klari, panwascam Klari telah mengirimkan data kepada Bawaslu Kabupaten Karawang. Kemudian Bawaslu Karawang juga telah mengirimkan surat kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dengan nomor surat: 217/PM.00.02/KJB/11/2023 yang isinya adalah rekomendasi Penertiban Alat Peraga Sosialisasi.

Dengan ini kami juga berterimakasih kepada Satpol PP yang telah membatu untuk penertiban APK yang ada diwilayah Kecamatan Klari. Maka dengan ini kami berharap untuk terus adanya koordinasi antar intansi yang lainnya juga untuk dapat mensukseskan Pemilu Tahun 2024 yang berkualitas.

 

 

(Rls/Red).



 

 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved