Jumat, 15 Desember 2023

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Salurkan Bantuan Hibah Ternak 40 Ekor Domba ke Kelompok Tani di Desa Hegarmanah

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Salurkan Bantuan Hibah Ternak 40 Ekor Domba ke Kelompok Tani di Desa Hegarmanah


Bekasi, Mediajerat.Com,-Dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus mendorong swasembada pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi salurkan bantuan hibah ternak 40 ekor domba tahun 2023 kepada kelompok tani di Desa Hegarmanah, kecamatan Cikarang Timur, kabupaten Bekasi Jawa Barat.

“Bantuan kami kepada kelompok tani ini adalah upaya mendorong terbentuknya kelompok tani yang mandiri serta membantu pemenuhan kebutuhan swasembada pangan," kata kepala Dinas melalui Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dedy Hadijana, S.Pt, M.Si, Jum'at, (15/12/2023).

Dedy Hadijana mengatakan, Dinas Pertanian merupakan salah satu organisasi perangkat Daerah (OPD) yang memiliki peran sentral dan diharapkan mampu membantu pencapaian target kebutuhan swasembada pangan, baik lokal maupun nasional serta mendongkrak nilai pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Hal ini, menurut Dedy Hadijana, selaras dengan tujuan pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya kepada peternak, petani maupun para pekebun yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Dengan adanya dukungan dan komitmen bersama diharapkan kegiatan-kegiatan ini dapat terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Manfaatkanlah bantuan ini sebaik mungkin dan semoga bantuan ternak domba yang diberikan ini bisa terus berkembang sehingga manfaatnya bisa kita rasakan bersama,” pesan Dedy.

Kabid Peternakan juga menjelaskan, tidak hanya sekedar memberikan hewan ternak kepada kelompok tani saja, tetapi akan dilakukan pendampingan dalam pengelolaan proses peternakan yang dijalani petani, demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Ia berharap bantuan hewan ternak domba ini mampu menstimulan para kelompok tani untuk memanfaatkan bantuan tersebut sehingga peternakan yang mereka miliki mampu berkembang dan menjadi nilai ekonomis di tingkat kelompok tani dan di tingkat keluarga.

Sementara itu, Ketua kelompok tani Pangkalan 1, Suparman mengatakan, bantuan hibah ternak domba kepada kelompok tani yang ia pimpin akan dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

"Kami sangat berterimakasih atas bantuan ini,semoga kami bisa merawat dan bisa mengembangkan lebih banyak lagi," kata Suparman.

Suparman berharap, bantuan di tahun mendatang tidak hanya hewan ternak berupa domba namun juga ternak sapi untuk memaksimalkan usaha pengembangan ternak yang menjadi binaan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Masih di tempat yang sama, Ketua DPD J.P.K.P Kabupaten Bekasi, Deden Guntara ikut serta melakukan pendampingan bersama Dinas Pertanian  kabupaten Bekasi dalam penyaluran bantuan hewan ternak domba kepada kelompok tani Pangkalan 1 Desa Hegarmanah kecamatan Cikarang Timur kabupaten Bekasi.

"Kami dari DPD J.P.K.P kabupaten Bekasi ikut hadir sekaligus melakukan pendampingan dalam penyaluran bantuan hibah hewan ternak ini kepada kelompok tani. Kami sangat senang, ketika masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Pangkalan 1 ini mendapatkan bantuan ternak domba. Karena tentunya, itu semua kalau berjalan mulus, akan sangat membantu upaya perputaran ekonomi masyarakat di lingkungan desa Hegarmanah ini," ujar Deden Guntara.

Deden juga berharap, kepada pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pertanian, selalu membantu program ketahanan pangan di masyarakat melalui kelompok tani yang tersebar di desa-desa di kabupaten Bekasi.

 

 

(Red)




Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved