Sabtu, 16 Desember 2023

Wujud Rasa Sukur, Warga Desa Gombongsari Gotongroyong Gelar Tradisi "Ruwat Bumi"

Wujud Rasa Sukur, Warga Desa Gombongsari Gotongroyong Gelar Tradisi  "Ruwat Bumi"

Aksi fashion show 

Karawang, Mediajerat.Com,-Sebagai wujud rasa sukur, warga Desa Gombongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang , Jawa Barat, bergotongroyong menggelar tradisi "Ruwat Bumi". Sabtu (16/12/2023).

Tradisi nasi tumpeng

Acara tradisional yang digelar setiap tahun tersebut dimeriahkan Karnaval keliling ke empat wilayah dusun di Desa Gombongsari dengan menampilkan fashion show wanita tani dan bapak tani. Selanjutnya dilakukan penilaian oleh Tim Penilai dari Mahasiswa UBP Karawang.

Juri Tim Penilai Mahasiswa UBP

Kepala Desa Gombongsari Warjo kepada wartawan mengatakan, kegiatan hari ini, Sabtu, 16 Desember 2023 , Desa Gombongsari mengadakan Ruwat Bumi, Karnaval, fashion show petani , dan hiburan wayang Golek, dan malamnya Topeng Pendul sekaligus acara Sapari Desa dengan mahasiswa UBP Karawang, terang Warjo saat dikonfirmasi di tengah acara. Sabtu, (16/12/2023) .

Lanjut Kades Warjo, terselenggaranya acara Ruwat Bumi ini atas dukungan dan gotongroyong masyarakat dari empat dusun yaitu dusun Gombongsari, Gardujaya, Sukamaju, dan dusun Rawasari. 

Warjo menambahkan, adapun anggaran kegitan ruwat jagat / ruwat bumi ini atas partisipasi masyarakat yang dikumpulkan oleh masing masing kadus untuk biaya hiburan wayang golek dan pendul serta akomodasi mamin dari kas Desa, pungkas Warjo. 

Di tempat terpisah Kepala Dusun Rawasari Nanang Dolar membenarkan, kegiatan Ruwat Bumi dan Karnaval itu atas partisipasi dari warga empat dusun bukan dari Dana Desa ( DD ) ataupun dari DBH untuk desa, ujar Nanang. 





(Hamid).




 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2010 Media Jerat | All Right Reserved